Visi, Misi, dan Tujuan

Menjadi program studi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran tingkat pendidikan dasar yang selaras dengan prinsip transformative learning dan keislaman

-Visi PGMI 2021-

Dari visi tersebut dapat dijelaskan hal-hal sebagai berikut:

  • Program studi yang unggul artinya:
    • Program Studi PGMI memiliki akreditasi dari lembaga pengakreditasi dengan peringkat unggul. Program Studi yang unggul berarti memiliki kredibilitas yang tinggi di mata masyarakat dan stakeholder terutama para pengguna lulusan Program Studi PGMI. Keunggulan Program Studi tersebut meliputi kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, penilaian pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama. Kualitas yang baik dan terukur sesuai standar mutu pendidikan tinggi.
    • Sarjana Program Studi PGMI dapat diterima kerja menjadi guru di lembaga-lembaga pendidikan, sekolah atau madrasah di seluruh Indonesia.
    • Sarjana Program Studi PGMI dapat melanjutkan studinya di dalam dan di luar negeri
    • Sarjana Program Studi PGMI dapat diterima bekerja di luar negeri
    • Sarjana Program Studi PGMI dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya (S2) di dalam dan di luar negeri
  • Terkemuka merupakan pernyataan keunggulan mutu lulusan yang dihasilkan oleh Program Studi PGMI, yakni:
    • Ternama dan terkenal di antara lulusan perguruan tinggi lainnya
    • Program Studi PGMI menjadi Program Studi yang terpandang dan terkenal baik di tingkat nasional maupun Internasional
    • Program Studi PGMI menyiapkan alumni sebagai calon Guru Kelas atau Guru Mata Pelajaran di MI atau SD yang dibekali dengan pengetahuan berskala global atau luas di tingkat regional dan komprehensif dengan tidak meninggalkan atribut keislaman sebagai wujud amanah institusional yang diberikan oleh universitas kepada Program Studi
    • Adanya kerja sama internasional dengan berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara untuk mengembangkan kompetensi dan kecakapan hidup mahasiswa yang diperlukan dalam menyongsong era revolusi industri 5.0
    • Adanya kerja sama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat antara dosen dan mahasiswa.
  • Pengembangan keilmuan pendidikan dan pembelajaran tingkat pendidikan dasar artinya program studi berperan aktif atau turut serta dalam mengembangkan teori maupun menerapkan keilmuan, teori pendidikan, dan pembelajaran tingkan pendidikan dasar (MI/SD) dengan mengintegrasikan antara aspek keilmuan pendidikan, keislaman, teknologi informasi, dan budaya lokal Banten. Artinya, diharapkan Program Studi PGMI menjadi pusat pengembangan kajian dan keilmuan pendidikan dasar
  • Selaras dengan prinsip transformative learning dan keislaman
    • Program Studi PGMI menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tingkat pendidikan dasar yang berpusat pada peserta didik menggunakan prinsip transformative learning yang aktif, kreatif, inovatif, dan optimalisasi teknologi sehingga dihasilkan lulusan lulusan yang otonom, skeptis, dan kritis. Prinsip transformative learning akan mengintegrasikan refleksi peserta didik terhadap dirinya sendiri (self-critical reflection) yang dikaitkan dengan pengalamannya untuk mengembangkan dan mentransformasi kompetensi hasil belajar secara holistik. Pendidikan transformatif meraih sasaran bagaimana peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuannya untuk proses perubahan individu secara humanis dan emansipasi. Dengan demikian lulusan akan memiliki kecakapan hidup abad 21 (21st Century Skills)
    • Program Studi PGMI menyelenggarakan pendidikan dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman agar alumni atau lulusan yang memiliki sikap berwawasan luas dengan menjunjung tinggi prinsip tawassuth, tawazun, i’tidal, dan tasamuh. Sesuai dengan level kompetensi pada KKNI, maka Program Studi S1 hanya menyiapkan alumni untuk siap bekerja. Adapun kemampuan profesionalnya dikembangkan melalui Program Profesi Guru

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran tingkat pendidikan dasar yang berpusat pada peserta didik menggunakan prinsip transformative learning yang aktif, kreatif, inovatif, dan optimalisasi teknologi
  2. Melaksanakan dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan dasar yang berorientasi pada pengembangan dan pengintegrasian keilmuan pendidikan dasar, keislaman, teknologi informasi, dan kearifan lokal Banten
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pada pengembangan dan penerapan ilmu pendidikan dasar yang terintegrasi dengan keislaman, teknologi informasi, dan budaya lokal

Tujuan

  1. Menghasilkan pendidik pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakteristik peserta didik, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang kritis dan kreatif .
  2. Menghasilkan calon entrepreneur yang mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, dan profesional.