A04211137 – Konsep Dasar IPA di MI/SD

Identitas Mata Kuliah

  1. Nama Mata Kuliah   : Konsep Dasar IPA di MI/SD
  2. Kode Mata Kuliah     : A04211137
  3. Jumlah SKS             : 3 (tiga) SKS
  4. Semester                : II (Dua)
  5. Kelompok                : Mata kuliah Program Studi
  6. Jenjang / Prodi        : S1/FTK/ PGMI
  7. Status Mata Kuliah  : Wajib

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Konsep Dasar IPA di MI/SD yang mencakup: tumbuhan dan sumber kehidupan, gaya dan gerak, energi dan perubahannya, cahaya, bunyi, listrik dan magnet, cuaca dan perubahannya, panas dan perpindahannya, organ gerak manusia dan hewan, organ pencernaan makanan dan pernapasan pada manusia, ekosistem, bumi dan alam semesta, wujud zat dan perubahannya, asam, basa, dan garam.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

Dengan mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menguasai berbagai kemampuan dan konsep materi pelajaran IPA sekolah dasar.

Sub CPMK

  1. Mahasiswa mampu memahami konsep tumbuhan dan sumber kehidupan melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  2. Mahasiswa mampu memahami konsep gaya dan gerak melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  3. Mahasiswa mampu memahami konsep energi dan perubahannya melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  4. Mahasiswa mampu memahami konsep cahaya melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  5. Mahasiswa mampu memahami konsep bunyi melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  6. Mahasiswa mampu memahami listrik dan magnet melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  7. Mahasiswa mampu memahami konsep cuaca dan perubahannya melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  8. Mahasiswa mampu memahami konsep panas dan perpindahannya melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  9. Mahasiswa mampu memahami konsep organ gerak manusia dan hewan melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  10. Mahasiswa mampu memahami konsep organ pencernaan makanan dan pernapasan pada manusia melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  11. Mahasiswa mampu memahami konsep ekosistem melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  12. Mahasiswa mampu memahami konsep bumi dan alam semesta melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  13. Mahasiswa mampu memahami konsep wujud zat dan perubahannya melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab
  14. Mahasiswa mampu memahami konsep asam, basa, dan garam melalui kegiatan diskusi dan praktik sederhana secara sistematis, kolaboratif, terukur dan bertanggungjawab

Substansi Kajian/Materi Pembelajaran

  1. tumbuhan dan sumber kehidupan
  2. gaya dan gerak
  3. energi dan perubahannya
  4. cahaya
  5. bunyi
  6. listrik dan magnet
  7. cuaca dan perubahannya
  8. panas dan perpindahannya
  9. organ gerak manusia dan hewan
  10. organ pencernaan makanan dan pernapasan pada manusia
  11. ekosistem
  12. bumi dan alam semesta
  13. wujud zat dan perubahannya
  14. asam, basa, dan garam

Download RPS Konsep Dasar IPA di SD/MI

    https://drive.google.com/uc?export=download&id=1TEa5u60qt1LM72h4rzdEe8sj6qOR-BZ4

    << Kembali ke Kurikulum