Profil Lulusan
NO | PROFIL | DESKRIPTOR |
1 | Pendidik pada jenjang MI/SD | Lulusan mampu mengaplikasikan teori-teori kependidikan, psikologi pendidikan, metodologi pembelajaran dengan benar dan tepat pada jenjang pendidikan dasar melalui pembelajaran berpusat pada mahasiswa |
2 | Peneliti bidang pendidikan dasar | Lulusan mampu menerapkan teori tentang metodologi penelitian dengan benar dan tepat melalui praktik penelitian dan penulisan karya ilmiah dalam bidang pendidikan dasar |
3 | Enterprenuer bidang pendidikan | Lulusan mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, dan profesional melalui pembelajaran berbasis proyek |
Capaian Pembelajaran
Keterampilan Khusus
- Mampu merancang penelitian yang dapat memperbaiki masalah-masalah pembelajaran di MI/SD melalui penulisan skripsi dan jurnal ilmiah yang valid
- Mampu menerapkan pengelolaan laboratorium yang mewujudkan keterampilan proses sains dasar dengan melaksanakan dan manajemen praktikum
- Mampu merancang strategi, media, evaluasi, dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui praktik mengajar secara kreatif dan inovatif.
- Mampu membangun pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang pendidikan dasar atau praktik profesional pendidikan dasar melalui penelitian, yang inovatif dan teruji.
- Mampu merancang berbagai jenis usaha/bisnis dan di bidang pendidikan melalui praktik wirausaha, dan manajemen yang kreatif dan inovatif.
- Mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat, efektif, dan efesien melalui pelaksanaan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D
- Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar
- Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
- Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.
- Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bidang guru kelas MI/SD di sekolah/madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum
Pengetahuan
- Mampu menjelaskan konsep-konsep IPA secara mendasar yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui pembelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi
- Mampu merancang kegiatan percobaan IPA sederhana dengan menerapkan sikap ilmiah yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui praktikum Fisika, Kimia, dan Biologi
- Mampu menjelaskan konsep-konsep IPS secara mendasar yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui pembelajaran Sejarah, Ekonomi, dan Geografi di tingkat SD/MI
- Mampu menerapkan konsep dasar kewarganegaraan dan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat yang mengedepankan nilai-nilai universal melalui pengkajian materi PKn di SD/MI
- Mampu menjelaskan konsep-konsep Matematika secara mendasar melalui pembelajaran bilangan, aljabar, pengukuran, geometri, statistika, dan peluang
- Mampu menjelaskan konsep-konsep pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan secara mendasar yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui praktik penjasorkes dan senam kreasi
- Mampu membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang berasal dari barang-barang bekas dan sederhana dan bernilai jual yang kreatif dan praktis sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui kegiatan praktik kreasi kerajinan tangan dan kewirausahaan
- Mampu menggunakan berbagai jenis alat musik sederhana, tradisional, dan modern melalui kegiatan praktik dan pementasan karya seni musik yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal serta keislaman yang moderat
- Mampu mendemonstrasikan berbagai jenis tari tradisional dan modern melalui kegiatan praktik dan pementasan seni tari yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal
- Mampu mengemukakan gagasan ilmiah baik secara lisan maupun tulisan yang baik dan benar sesuai dengan perkembangan dunia akademik dan non akademik melalui pembiasaan berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia
- Mampu menjelaskan teori tentang Pendidikan Agama Islam di MI/SD yang memperhatikan nilai-nilai universal melalui pengkajian bahan ajar PAI di SD
- Mampu menjelaskan karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual dengan benar dan tepat sesuai dengan teori-teori psikologi perkembangan siswa MI/SD
- Mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan sesuai dengan tingkat perkembangan belajar siswa MI/SD melalui praktik pembelajaran mapel dan tematis di kelas, microteaching, dan pemagangan
- Mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas secara reflektif berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar dengan memberikan tindakan yang tepat terhadap pembelajaran
- Mampu menjelaskan berbagai metodologi penelitian bidang pendidikan dasar dan statistika pendidikan dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan perbaikan dalam pembelajaran di MI/SD melalui praktik penulisan karya ilmiah, jurnal, dan makalah
- Mampu menerapkan teori komposisi, tata bahasa/gramatika, dan jurnalistik dengan tepat melalui pengkajian Bahasa dan Sastra Indonesia
- Mampu menganalisis kesesuaian kurikulum tingkat MI/SD sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum melalui telaah kurikulum di madrasah/sekolah
- Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keilmuan bidang guru kelas MI/SD peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat melalui kajian dan diskusi mengenai perkembangan peserta didik
- Mampu menjadi pembelajar mandiri berkarakter dalam menuntut ilmu secara kritis, logis, kreatif, inovatif melalui analisis terhadap masalah kemasyarakatan, bangsa, negara, dan ideologi Pancasila berdasarkan pemahaman diri sebagai individu dan anggota masyarakat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui pembelajaran pengembangan kepribadian
Sebaran Matakuliah
Semester I
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181101 | Pancasila | 2 |
2 | A04181104 | Bahasa Arab 1 | 2 |
3 | A04181106 | Bahasa Inggris 1 | 2 |
4 | A04181109 | Ilmu Kalam | 2 |
5 | A04181111 | Islam dan Sains | 2 |
6 | A04181112 | MSI | 2 |
7 | A04181118 | QQWT | 2 |
8 | A04181134 | Konsep Dasar Biologi | 2 |
9 | A04181135 | Praktikum Biologi*** (dapat diambil bersama A04181134) | 1 |
10 | A04181136 | Matematika 1 | 3 |
11 | A04181137 | Kajian PKn di MI/SD | 3 |
Semester II
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181205 | Bahasa Arab 2* (prasyarat A04181104) | 2 |
2 | A04181207 | Bahasa Inggris 2* (prasyarat A04181106) | 2 |
3 | A04181208 | Filsafat Umum | 2 |
4 | A04181210 | Fiqh | 2 |
5 | A04181213 | Praktik Ibadah | 3 |
6 | A04181238 | Konsep Dasar Fisika | 2 |
7 | A04181239 | Praktikum Fisika*** (dapat diambil bersama A04181238) | 1 |
8 | A04181240 | Matematika 2* (prasyarat A04181136) | 3 |
9 | A04181241 | Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD | 4 |
Semester III
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181321 | Dasar-dasar Kependidikan | 2 |
2 | A04181342 | Matakuliah Pengembangan Kepribadian Terpadu | 3 |
3 | A04181343 | Konsep Dasar Kimia | 2 |
4 | A04181344 | Praktikum Kimia*** (dapat diambil bersama A04181343) | 1 |
5 | A04181345 | Statistik dan Peluang* (prasyarat A04181240) | 2 |
6 | A04181346 | Kajian IPS di SD/MI | 3 |
7 | A04181347 | Kajian PAI di MI/SD | 3 |
8 | A04181348 | Pembelajaran PKn MI/SD* (prasyarat A04181137) | 3 |
9 | A04181349 | Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD* (prasyarat A04181241) | 3 |
Semester IV
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181423 | Tafsir Tarbawi | 2 |
2 | A04181450 | Pembelajaran PAI MI/SD* (prasyarat A04181347) | 3 |
3 | A04181451 | Pembelajaran IPA MI/SD* (prasyarat A04181134, A04181238, A04181343) | 3 |
4 | A04181452 | Pembelajaran Matematika MI/SD* (prasyarat A04181136, A04181240) | 3 |
5 | A04181453 | Pembelajaran IPS MI/SD* (prasyarat A04181346) | 3 |
6 | A04181454 | Kajian Penjas di MI/SD | 3 |
7 | A04181455 | Psikologi Perkembangan Anak Usia MI/SD | 3 |
8 | A04181456 | Pengembangan Kurikulum MI/SD | 2 |
Semester V
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181532 | Microteaching | 2 |
2 | A04181557 | Materi & Pembelajaran SBK MI/SD | 4 |
3 | A04181558 | Pembelajaran Tematik | 4 |
4 | A04181559 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 4 |
5 | A04181560 | Manajemen Pendidikan Dasar | 2 |
6 | A04181561 | Pembelajaran Penjas MI/SD* (prasyarat A04181454) | 3 |
7 | A04181562 | Kewirausahaan | 3 |
Semester VI
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181622 | Ilmu dan Filsafat Pendidikan Islam | 2 |
2 | A04181624 | Hadis Tarbawi | 2 |
3 | A04181663 | Penelitian dan Pengembangan | 3 |
4 | A04181664 | Penelitian Tindakan Kelas | 3 |
5 | A04181665 | Bimbingan Penulisan Skripsi | 3 |
6 | A04181666 | Bahasa Jawa Serang** | 3 |
7 | A04181667 | Teknopreneurship** | 3 |
8 | A04181668 | Communication Skills for Teachers** | 3 |
9 | A04181669 | Kepramukaan** | 3 |
10 | A04181670 | Penulisan Teks Akademik** | 3 |
11 | A04181671 | Edupreneurship** | 3 |
Semester VII
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181719 | Kukerta (syarat minimal 120 SKS) | 4 |
2 | A04181733 | PLP* (prasyarat A04181532) | 4 |
Semester VIII
NO | KODE MK | NAMA MK | SKS |
1 | A04181820 | Skripsi (syarat minimal 120 SKS) | 6 |
Keterangan :
* | Matakuliah dapat diambil selama matakuliah prasyarat mendapat nilai minimal lulus (C |
** | Matakuliah pilihan, diambil 9 dari 18 SKS yang ditawarkan |
*** | Matakuliah praktikum dapat diambil bersamaan dengan teori |
Evaluasi Perkuliahan dan Pemberian Penilaian
Proses evaluasi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran, karakteristik dan tujuan mata kuliah masing-masing. Penilaian terhadap ujian mata kuliah dilakukan dengan memberikan nilai angka yang dikonversi ke nilai huruf yang diberi nilai bobot.
- Penilaian Harian
Penilaian harian dapat dilakukan oleh dosen selama proses pembelajaran berlangsung. Beberapa komponen evaluasi yang dapat digunakan diantaranya adalah kehadiran, partisipasi atau keaktifan mahasiswa dalam kegiatan diskusi, kerja kelompok, dan tanya jawab. Dosen dapat menggunakan instrumen observasi aktivitas pembelajaran untuk mendapatkan data penilaian harian.
- Ujian Mid Semester dan Akhir Semester
Pelaksanaan ujian mid/tengah semester dilakukan di pekan ke-8 dengan syarat telah melakukan kegiatan perkuliahan baik tatap muka maupun pemberian tugas minimal 6 (enam) pekan pertemuan. Sedangkan ujian akhir semester dilakukan di pekan ke-16 dengan syarat telah melakukan kegiatan perkuliahan baik tatap muka maupun pemberian tugas minimal 12 (dua belas) pekan pertemuan (di luar ujian mid semester). Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti ujian akhir semester adalah mahasiswa yang memiliki persentase kehadiran minimal 75% dari total keseluruhan kegiatan perkuliahan.
Bentuk ujian bisa berupa ujian tertulis, lisan, maupun pengerjaan proyek baik secara individu maupun kelompok. Bentuk-bentuk ujian ini disesuaikan dengan karakteristik dan tingkat kedalaman matakuliah yang diajarkan. Bentuk soal ujian tertulis diharuskan memuat pertanyaan-pertanyaan produktif dan imajinatif serta menuntut analisis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Ujian diselenggarakan secara mandiri oleh dosen pengampu matakuliah dan dilaksanakan pada waktu atau jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas.
- Pelaporan Penilaian
Hasil ujian mid dan akhir semester harus dilaporkan ke pengelola Jurusan PGMI paling-lambat 7 hari (1 minggu) sejak matakuliah diujikan. Berkas hasil pekerjaan mahasiswa dikembalikan kepada mahasiswa sebagai bentuk feedback dari dosen kepada mahasiswa mengenai hasil pekerjaan yang dikumpulkan kepada dosen.
- Penentuan Hasil Studi
Hasil studi ditentukan dengan melibatkan beberapa komponen tambahan di luar ujian mid dan akhir semester, seperti kehadiran, pengumpulan tugas, partisipasi, dan kuis dengan menerapkan bobot yang beragam untuk masing-masing komponen. Hal ini akan berbeda untuk matakuliah yang sifatnya praktikum, dosen dapat menentukan komponen penilaian yang sesuai seperti nilai laporan praktikum dan sebagainya. Sesuai pedoman akademik, mahasiswa dinyatakan lulus untuk satu matakuliah tertentu apabila mendapatkan nilai kumulatif minimal 60 (skala 0 s.d. 100).
- Predikat Kelulusan
Konversi dan nilai bobot digambarkan dalam konversi nilai sebagai berikut :
NO | ANGKA | HURUF | BOBOT | STATUS |
1 | 95 – 100 | A | 4,00 | Lulus |
2 | 90 – 94 | A- | 3,75 | Lulus |
3 | 85 – 89 | B+ | 3,50 | Lulus |
4 | 80 – 84 | B | 3,25 | Lulus |
5 | 75 – 79 | B- | 3,00 | Lulus |
6 | 70 – 74 | C+ | 2,75 | Lulus |
7 | 65 – 69 | C | 2,50 | Lulus |
8 | 60 – 64 | C- | 2,00 | Lulus |
9 | < 60 | Tidak Lulus | 0,00 | Tidak Lulus |
Sumber : Buku Pedoman Akademik UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2017
Sedangkan penentuan hasil studi digambarkan dalam indeks prestasi yang terbagi ke dalam tiga bagian, yakni Indeks Prestasi Semester (IPS), Indeks Prestasi Kumulatif Sementara (IPKS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPS adalah hasil penghitungan jumlah nilai seluruh mata kuliah (jumlah nilai SKS dikali nilai bobot) pada suatu semester dibagi dengan jumlah SKS-nya. IPKS adalah perhitungan jumlah nilai mata kuliah yang sudah ditempuh dibagi jumlah SKS-nya. IPK adalah hasil penghitungan jumlah nilai seluruh mata kuliah dikalikan nilai bobot dan dibagi jumlah SKS.
Predikat kelulusan mahasiswa ditentukan apabila memperoleh IPK sekurang-kurangnya 2,00 yang digambarkan dalam tabel berikut:
Rentang IPK | Predikat Kelulusan |
3,71 – 4,00 | Pujian |
3,31 – 3,70 | Amat Baik |
3,00 – 3,30 | Baik |
2,00 – 2,99 | Cukup |
Sumber : Buku Pedoman Akademik UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2017
Predikat kelulusan “PUJIAN” hanya diberikan kepada mahasiswa Program Strata Satu (S1) yang memiliki IPK minimal 3.71 dan masa studinya tidak lebih dari 4 (empat) tahun serta tidak pernah melakukan perbaikan nilai dan tidak melanggar kode etik kemahasiswaan.
Dowload buku Kurikulum KKNI PGMI 2018 di sini: https://bit.ly/Kurikulum-KKNI-PGMI-2018