Kurikulum

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi PGMI (Elementary Teacher Education) terbagi menjadi dua jenis yakni profil mayor dan profil minor. Profil mayor merupakan profil utama yang menjadi penciri alumni Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sementara profil minor merupakan profil tambahan yang sesuai dengan ciri khas Program Studi PGMI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Adapun Program Studi PGMI diarahkan untuk menghasilkan sarjana Strata Satu (S1) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki keahlian sebagai berikut:

NO PROFIL DESKRIPTOR
1 Pendidik pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Lulusan mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memiliki sikap-sikap sebagai pendidik yang baik dan bertanggungjawab
2 EntreprenuerLulusan mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, dan profesional melalui pembelajaran berbasis praktik kewirausahaan.

Capaian Pembelajaran

Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  8. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  10. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang keahlian, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di MI/SD.
  2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di MI/SD.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di MI/SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
  4. Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di MI/SD
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif, empati, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran di MI/SD dan komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum
  6. Mampu merancang, melaksanakan, menganalisis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di MI/SD.
  7. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan MI/SD secara ilmiah dengan menerapkan IPTEKS dan memperhatikan kearifan lokal dan etnografi dan melaporkan serta mempublikasikan
  8. Mampu melaksanakan layanan bimbingan konseling di MI/SD dengan memperhatikan gender, disabilitas, dan inklusi sosial
  9. Mampu menerapkan keterampilan literasi digital dalam pembelajaran dan praktik wirausaha di era revolusi industri 5.0
  10. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran di MI/SD
  11. Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat dan hadis tarbawi
  12. Mampu membaca alquran berdasarkan ilmu qiraat dan ilmu tajwid
  13. Mampu menghafal dan memahami alquran juz 30 (Juz Amma)
  14. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik

Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di MI/SD.
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di MI/SD.
  3. Menguasai pengetahuan bidang studi di MI/SD meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di MI/SD.
  5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
  6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan
  7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional, dan global
  8. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di MI/SD.
  9. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di MI/SD.
  10. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di MI/SD.
  11. Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal
  12. Menguasai teori kewirausahaan dalam pendidikan dalam kerangka pengembangan pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Indonesia pada jenjang SD/MI

Sebaran Matakuliah

Semester I

NOKODE MKNAMA MKSKS
1A04211101Pancasila2
2A04211104Bahasa Arab 12
3A04211106Bahasa Inggris 12
4A04211110Fiqh2
5A04211118Qiro’atul Qur’an Wa Tahfidz2
6A04211121Dasar-dasar Kependidikan2
7A04211126Psikologi Pendidikan2
8A04211135Matematika di SD/MI3
9A04211136Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD3
Sebaran Mata Kuliah Semester I

Semester II

NO KODE MK NAMA MK SKS
1A04211237Konsep Dasar IPA di MI/SD3
2A04211211Islam dan Sains2
3A04211205Bahasa Arab 22
4A04211207Bahasa Inggris 22
5A04211217Sejarah Peradaban Islam2
6A04211208Filsafat Umum2
7A04211238PJOK di MI/SD3
8A04211239Konsep Dasar PKn di MI/SD3
9A04211240Perencanaan Pembelajaran2
Sebaran Mata Kuliah Semester II

Semester III

NO KODE MK NAMA MK SKS
1A04211334Tafsir & Hadis Tarbawi3
2A04211341Konsep Dasar IPS di MI/SD3
3A04211342Pembelajaran IPA MI/SD Berbasis MII-STEM2
4A04211313Praktik Ibadah3
5A04211343Musik dan Seni Tradisional Banten3
6A04211312Telaah Kurikulum MI/SD3
7A04211344Pembelajaran Penjas MI/SD2
8A04211345TIK Pembelajaran SD2
Sebaran Mata Kuliah Semester III

Semester IV

NO KODE MK NAMA MK SKS
1A04211446Statistika Pendidikan3
2A04211447Pembelajaran Tematik4
3A04211448Pembelajaran SBK di MI/SD2
4A04211449Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD2
5A04211450Perkembangan Peserta Didik MI/SD2
6A04211451Pembelajaran Matematika MI/SD Berbasis Etnomatematika2
7A04211409Ilmu Kalam2
8A04211422Filsafat dan Ilmu Pendidikan Islam2
9A04211452Metodologi Studi Islam2
Sebaran Mata Kuliah Semester IV

Semester V

NO KODE MK NAMA MK SKS
1A04211553Pengembangan Kepribadian Terpadu2
2A04211554Pembelajaran Mikro2
3A04211555Evaluasi Pembelajaran di SD/MI3
4A04211556Pembelajaran PKn MI/SD2
5A04211557Pembelajaran PAI di SD2
6A04211558Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah2
7A04211559Praktik Statistika Pendidikan2
8A04211560Pembelajaran IPS MI/SD Berbasis Kewirausahaan2
9A04211561Metodologi Penelitian dan Pengembangan (R & D)2
10A04211562Pendidikan Inklusif di SD/MI2
Sebaran Mata Kuliah Semester V

Semester VI

NO KODE MK NAMA MK SKS
1A04211663Bisnis Online*2
2A04211664Inovasi Bisnis Pendidikan*2
3A04211665Kemahiran Berbahasa Isyarat*2
4A04211666Communication Skills for Teacher*2
5A04211667Metode Tahfidzul Qur’an*2
6A04211668Penelitian Tindakan Kelas*2
7A04211669Seni Musik*2
8A04211670Computational Thinking*2
9A04211628Seni Pertunjukan*2
10A04211671Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif & Kualitatif)4
11A04211672Penulisan Teks Akademik3
12A04211675Kepramukaan2
13A04211676Pendalaman IPA*2
14A04211677Pendalaman Matematika*2
15A04211678Pendalaman Bahasa Inggris*2
Sebarang Mata Kuliah Wajib dan Pilihan di Semester VI

Keterangan:
Matakuliah dengan tanda * (bintang) adalah mata kuliah pilihan. Mahasiswa diperbolehkan mengambil 6 dari 12 mata kuliah yang ditawarkan. Beberapa matakuliah pilihan diselenggarakan di perguruan tinggi lain.

Semester VII

NO KODE MK NAMA MK SKS
1A04211719Kukerta4
2A04211733PLP4
3A04211773Praktik Edupreneurship4
4A04211774Seminar Proposal Tugas Akhir1
Sebaran Mata Kuliah Semester VII

Semester VIII

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04211820 Tugas Akhir 6
Sebaran Mata Kuliah Semester VIII

Evaluasi Perkuliahan dan Pemberian Penilaian

Proses evaluasi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran, karakteristik dan tujuan mata kuliah masing-masing. Penilaian terhadap ujian mata kuliah dilakukan dengan memberikan nilai angka yang dikonversi ke nilai huruf yang diberi nilai bobot.

  1. Penilaian Harian

Penilaian harian dapat dilakukan oleh dosen selama proses pembelajaran berlangsung. Beberapa komponen evaluasi yang dapat digunakan diantaranya adalah kehadiran, partisipasi atau keaktifan mahasiswa dalam kegiatan diskusi, kerja kelompok, dan tanya jawab. Dosen dapat menggunakan instrumen observasi aktivitas pembelajaran untuk mendapatkan data penilaian harian.

  • Ujian Mid Semester dan Akhir Semester

Pelaksanaan ujian mid/tengah semester dilakukan di pekan ke-8 dengan syarat telah melakukan kegiatan perkuliahan baik tatap muka maupun pemberian tugas minimal 6 (enam) pekan pertemuan. Sedangkan ujian akhir semester dilakukan di pekan ke-16 dengan syarat telah melakukan kegiatan perkuliahan baik tatap muka maupun pemberian tugas minimal 12 (dua belas) pekan pertemuan (di luar ujian mid semester). Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti ujian akhir semester adalah mahasiswa yang memiliki persentase kehadiran minimal 75% dari total keseluruhan kegiatan perkuliahan.

Bentuk ujian bisa berupa ujian tertulis, lisan, maupun pengerjaan proyek baik secara individu maupun kelompok. Bentuk-bentuk ujian ini disesuaikan dengan karakteristik dan tingkat kedalaman matakuliah yang diajarkan. Bentuk soal ujian tertulis diharuskan memuat pertanyaan-pertanyaan produktif dan imajinatif serta menuntut analisis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Ujian diselenggarakan secara mandiri oleh dosen pengampu matakuliah dan dilaksanakan pada waktu atau jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas.

  • Pelaporan Penilaian

Hasil ujian mid dan akhir semester harus dilaporkan ke pengelola Jurusan PGMI paling-lambat 7 hari (1 minggu) sejak matakuliah diujikan. Berkas hasil pekerjaan mahasiswa dikembalikan kepada mahasiswa sebagai bentuk feedback dari dosen kepada mahasiswa mengenai hasil pekerjaan yang dikumpulkan kepada dosen.

  • Penentuan Hasil Studi

Hasil studi ditentukan dengan melibatkan beberapa komponen tambahan di luar ujian mid dan akhir semester, seperti kehadiran, pengumpulan tugas, partisipasi, dan kuis dengan menerapkan bobot yang beragam untuk masing-masing komponen. Hal ini akan berbeda untuk matakuliah yang sifatnya praktikum, dosen dapat menentukan komponen penilaian yang sesuai seperti nilai laporan praktikum dan sebagainya. Sesuai pedoman akademik, mahasiswa dinyatakan lulus untuk satu matakuliah tertentu apabila mendapatkan nilai kumulatif minimal 60 (skala 0 s.d. 100).

  • Predikat Kelulusan

Konversi dan nilai bobot digambarkan dalam konversi nilai sebagai berikut :

NO ANGKA HURUF BOBOT STATUS
1 95 – 100 A 4,00 Lulus
2 90 – 94 A- 3,75 Lulus
3 85 – 89 B+ 3,50 Lulus
4 80 – 84 B 3,25 Lulus
5 75 – 79 B- 3,00 Lulus
6 70 – 74 C+ 2,75 Lulus
7 65 – 69 C 2,50 Lulus
8 60 – 64 C- 2,00 Lulus
9 < 60 Tidak Lulus 0,00 Tidak Lulus

Sumber : Buku Pedoman Akademik UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2017

Sedangkan penentuan hasil studi digambarkan dalam indeks prestasi yang terbagi ke dalam tiga bagian, yakni Indeks Prestasi Semester (IPS), Indeks Prestasi Kumulatif Sementara (IPKS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPS adalah hasil penghitungan jumlah nilai seluruh mata kuliah (jumlah nilai SKS dikali nilai bobot) pada suatu semester dibagi dengan jumlah SKS-nya. IPKS adalah perhitungan jumlah nilai mata kuliah yang sudah ditempuh dibagi jumlah SKS-nya. IPK adalah hasil penghitungan jumlah nilai seluruh mata kuliah dikalikan nilai bobot dan dibagi jumlah SKS.

Predikat kelulusan mahasiswa ditentukan apabila memperoleh IPK sekurang-kurangnya 2,00 yang digambarkan dalam tabel berikut:

Rentang IPK Predikat Kelulusan
3,71 – 4,00 Pujian
3,31 – 3,70 Amat Baik
3,00 – 3,30 Baik
2,00 – 2,99 Cukup

Sumber : Buku Pedoman Akademik UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2017

Predikat kelulusan “PUJIAN” hanya diberikan kepada mahasiswa Program Strata Satu (S1) yang memiliki IPK minimal 3.71 dan masa studinya tidak lebih dari 4 (empat) tahun serta tidak pernah melakukan perbaikan nilai dan tidak melanggar kode etik kemahasiswaan.

Dowload buku Kurikulum KKNI PGMI 2021 di sini:

https://drive.google.com/uc?export=download&id=1Y3Kp1R4vIrmdYlT3uk-GAXL9VncrIMPN