Kurikulum

Profil Lulusan

NO PROFIL DESKRIPTOR
1 Pendidik pada jenjang MI/SD Lulusan mampu mengaplikasikan teori-teori kependidikan, psikologi pendidikan, metodologi pembelajaran dengan benar dan tepat pada jenjang pendidikan dasar melalui pembelajaran berpusat pada mahasiswa
2 Peneliti bidang pendidikan dasar Lulusan mampu menerapkan teori tentang metodologi penelitian dengan benar dan tepat melalui praktik penelitian dan penulisan karya ilmiah dalam bidang pendidikan dasar
3 Enterprenuer bidang pendidikan Lulusan mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, dan profesional melalui pembelajaran berbasis proyek

Capaian Pembelajaran

Keterampilan Khusus

  1. Mampu merancang penelitian yang dapat memperbaiki masalah-masalah pembelajaran di MI/SD melalui penulisan skripsi dan jurnal ilmiah yang valid
  2. Mampu menerapkan pengelolaan laboratorium yang mewujudkan keterampilan proses sains dasar dengan melaksanakan dan manajemen praktikum
  3. Mampu merancang strategi, media, evaluasi, dan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui praktik mengajar secara kreatif dan inovatif.
  4. Mampu membangun pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang pendidikan dasar atau praktik profesional pendidikan dasar melalui penelitian, yang inovatif dan teruji.
  5. Mampu merancang berbagai jenis usaha/bisnis dan di bidang pendidikan melalui praktik wirausaha, dan manajemen yang kreatif dan inovatif.
  6. Mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat, efektif, dan efesien melalui pelaksanaan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D
  7. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar
  8. Mampu menghafal al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)
  9. Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do’anya dengan baik dan benar.
  10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Bidang guru kelas MI/SD di sekolah/madrasah dan di komunitas akademik maupun dengan masyarakat umum

Pengetahuan

  1. Mampu menjelaskan konsep-konsep IPA secara mendasar yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui pembelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi
  2. Mampu merancang kegiatan percobaan IPA sederhana dengan menerapkan sikap ilmiah yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui praktikum Fisika, Kimia, dan Biologi
  3. Mampu menjelaskan konsep-konsep IPS secara mendasar yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui pembelajaran Sejarah, Ekonomi, dan Geografi di tingkat SD/MI
  4. Mampu menerapkan konsep dasar kewarganegaraan dan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat yang mengedepankan nilai-nilai universal melalui pengkajian materi PKn di SD/MI
  5. Mampu menjelaskan konsep-konsep Matematika secara mendasar melalui pembelajaran bilangan, aljabar, pengukuran, geometri, statistika, dan peluang
  6. Mampu menjelaskan konsep-konsep pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan secara mendasar yang sesuai dengan jenjang pendidikan dasar melalui praktik penjasorkes dan senam kreasi
  7. Mampu membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang berasal dari barang-barang bekas dan sederhana dan bernilai jual yang kreatif dan praktis sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui kegiatan praktik kreasi kerajinan tangan dan kewirausahaan
  8. Mampu menggunakan berbagai jenis alat musik sederhana, tradisional, dan modern melalui kegiatan praktik dan pementasan karya seni musik yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal serta keislaman yang moderat
  9. Mampu mendemonstrasikan berbagai jenis tari tradisional dan modern melalui kegiatan praktik dan pementasan seni tari yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal
  10. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah baik secara lisan maupun tulisan yang baik dan benar sesuai dengan perkembangan dunia akademik dan non akademik melalui pembiasaan berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia
  11. Mampu menjelaskan teori tentang Pendidikan Agama Islam di MI/SD yang memperhatikan nilai-nilai universal melalui pengkajian bahan ajar PAI di SD
  12. Mampu menjelaskan karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual dengan benar dan tepat sesuai dengan teori-teori psikologi perkembangan siswa MI/SD
  13. Mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan sesuai dengan tingkat perkembangan belajar siswa MI/SD melalui praktik pembelajaran mapel dan tematis di kelas, microteaching, dan pemagangan
  14. Mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas secara reflektif berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar dengan memberikan tindakan yang tepat terhadap pembelajaran
  15. Mampu menjelaskan berbagai metodologi penelitian bidang pendidikan dasar dan statistika pendidikan dalam kerangka melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas dan perbaikan dalam pembelajaran di MI/SD melalui praktik penulisan karya ilmiah, jurnal, dan makalah
  16. Mampu menerapkan teori komposisi, tata bahasa/gramatika, dan jurnalistik dengan tepat melalui pengkajian Bahasa dan Sastra Indonesia
  17. Mampu menganalisis kesesuaian kurikulum tingkat MI/SD sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum melalui telaah kurikulum di madrasah/sekolah
  18. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keilmuan bidang guru kelas MI/SD peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat melalui kajian dan diskusi mengenai perkembangan peserta didik
  19. Mampu menjadi pembelajar mandiri berkarakter dalam menuntut ilmu secara kritis, logis, kreatif, inovatif melalui analisis terhadap masalah kemasyarakatan, bangsa, negara, dan ideologi Pancasila berdasarkan pemahaman diri sebagai individu dan anggota masyarakat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui pembelajaran pengembangan kepribadian

Sebaran Matakuliah

Semester I

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181101 Pancasila 2
2 A04181104 Bahasa Arab 1 2
3 A04181106 Bahasa Inggris 1 2
4 A04181109 Ilmu Kalam 2
5 A04181111 Islam dan Sains 2
6 A04181112 MSI 2
7 A04181118 QQWT 2
8 A04181134 Konsep Dasar Biologi 2
9 A04181135 Praktikum Biologi*** (dapat diambil bersama A04181134) 1
10 A04181136 Matematika 1 3
11 A04181137 Kajian PKn di MI/SD 3

Semester II

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181205 Bahasa Arab 2*  (prasyarat A04181104) 2
2 A04181207 Bahasa Inggris 2*  (prasyarat A04181106) 2
3 A04181208 Filsafat Umum 2
4 A04181210 Fiqh 2
5 A04181213 Praktik Ibadah 3
6 A04181238 Konsep Dasar Fisika 2
7 A04181239 Praktikum Fisika*** (dapat diambil bersama A04181238) 1
8 A04181240 Matematika 2*  (prasyarat A04181136) 3
9 A04181241 Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD 4

Semester III

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181321 Dasar-dasar Kependidikan 2
2 A04181342 Matakuliah Pengembangan Kepribadian Terpadu 3
3 A04181343 Konsep Dasar Kimia 2
4 A04181344 Praktikum Kimia*** (dapat diambil bersama A04181343) 1
5 A04181345 Statistik dan Peluang* (prasyarat A04181240) 2
6 A04181346 Kajian IPS di SD/MI 3
7 A04181347 Kajian PAI di MI/SD 3
8 A04181348 Pembelajaran PKn MI/SD* (prasyarat A04181137) 3
9 A04181349 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia MI/SD* (prasyarat A04181241) 3

Semester IV

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181423 Tafsir Tarbawi 2
2 A04181450 Pembelajaran PAI MI/SD* (prasyarat A04181347) 3
3 A04181451 Pembelajaran IPA MI/SD* (prasyarat A04181134, A04181238, A04181343) 3
4 A04181452 Pembelajaran Matematika MI/SD* (prasyarat A04181136, A04181240) 3
5 A04181453 Pembelajaran IPS MI/SD* (prasyarat A04181346) 3
6 A04181454 Kajian Penjas di MI/SD 3
7 A04181455 Psikologi Perkembangan Anak Usia MI/SD 3
8 A04181456 Pengembangan Kurikulum MI/SD 2

Semester V

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181532 Microteaching 2
2 A04181557 Materi & Pembelajaran SBK MI/SD 4
3 A04181558 Pembelajaran Tematik 4
4 A04181559 Metodologi Penelitian Pendidikan 4
5 A04181560 Manajemen Pendidikan Dasar 2
6 A04181561 Pembelajaran Penjas MI/SD* (prasyarat A04181454) 3
7 A04181562 Kewirausahaan 3

Semester VI

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181622 Ilmu dan Filsafat Pendidikan Islam 2
2 A04181624 Hadis Tarbawi 2
3 A04181663 Penelitian dan Pengembangan 3
4 A04181664 Penelitian Tindakan Kelas 3
5 A04181665 Bimbingan Penulisan Skripsi 3
6 A04181666 Bahasa Jawa Serang** 3
7 A04181667 Teknopreneurship** 3
8 A04181668 Communication Skills for Teachers** 3
9 A04181669 Kepramukaan** 3
10 A04181670 Penulisan Teks Akademik** 3
11 A04181671 Edupreneurship** 3

Semester VII

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181719 Kukerta (syarat minimal 120 SKS) 4
2 A04181733 PLP* (prasyarat A04181532) 4

Semester VIII

NO KODE MK NAMA MK SKS
1 A04181820 Skripsi (syarat minimal 120 SKS) 6

Keterangan :

* Matakuliah dapat diambil selama matakuliah prasyarat mendapat nilai minimal lulus (C
** Matakuliah pilihan, diambil 9 dari 18 SKS yang ditawarkan
*** Matakuliah praktikum dapat diambil bersamaan dengan teori

Evaluasi Perkuliahan dan Pemberian Penilaian

Proses evaluasi pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan capaian pembelajaran, karakteristik dan tujuan mata kuliah masing-masing. Penilaian terhadap ujian mata kuliah dilakukan dengan memberikan nilai angka yang dikonversi ke nilai huruf yang diberi nilai bobot.

  1. Penilaian Harian

Penilaian harian dapat dilakukan oleh dosen selama proses pembelajaran berlangsung. Beberapa komponen evaluasi yang dapat digunakan diantaranya adalah kehadiran, partisipasi atau keaktifan mahasiswa dalam kegiatan diskusi, kerja kelompok, dan tanya jawab. Dosen dapat menggunakan instrumen observasi aktivitas pembelajaran untuk mendapatkan data penilaian harian.

  • Ujian Mid Semester dan Akhir Semester

Pelaksanaan ujian mid/tengah semester dilakukan di pekan ke-8 dengan syarat telah melakukan kegiatan perkuliahan baik tatap muka maupun pemberian tugas minimal 6 (enam) pekan pertemuan. Sedangkan ujian akhir semester dilakukan di pekan ke-16 dengan syarat telah melakukan kegiatan perkuliahan baik tatap muka maupun pemberian tugas minimal 12 (dua belas) pekan pertemuan (di luar ujian mid semester). Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti ujian akhir semester adalah mahasiswa yang memiliki persentase kehadiran minimal 75% dari total keseluruhan kegiatan perkuliahan.

Bentuk ujian bisa berupa ujian tertulis, lisan, maupun pengerjaan proyek baik secara individu maupun kelompok. Bentuk-bentuk ujian ini disesuaikan dengan karakteristik dan tingkat kedalaman matakuliah yang diajarkan. Bentuk soal ujian tertulis diharuskan memuat pertanyaan-pertanyaan produktif dan imajinatif serta menuntut analisis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Ujian diselenggarakan secara mandiri oleh dosen pengampu matakuliah dan dilaksanakan pada waktu atau jadwal yang telah ditentukan oleh fakultas.

  • Pelaporan Penilaian

Hasil ujian mid dan akhir semester harus dilaporkan ke pengelola Jurusan PGMI paling-lambat 7 hari (1 minggu) sejak matakuliah diujikan. Berkas hasil pekerjaan mahasiswa dikembalikan kepada mahasiswa sebagai bentuk feedback dari dosen kepada mahasiswa mengenai hasil pekerjaan yang dikumpulkan kepada dosen.

  • Penentuan Hasil Studi

Hasil studi ditentukan dengan melibatkan beberapa komponen tambahan di luar ujian mid dan akhir semester, seperti kehadiran, pengumpulan tugas, partisipasi, dan kuis dengan menerapkan bobot yang beragam untuk masing-masing komponen. Hal ini akan berbeda untuk matakuliah yang sifatnya praktikum, dosen dapat menentukan komponen penilaian yang sesuai seperti nilai laporan praktikum dan sebagainya. Sesuai pedoman akademik, mahasiswa dinyatakan lulus untuk satu matakuliah tertentu apabila mendapatkan nilai kumulatif minimal 60 (skala 0 s.d. 100).

  • Predikat Kelulusan

Konversi dan nilai bobot digambarkan dalam konversi nilai sebagai berikut :

NO ANGKA HURUF BOBOT STATUS
1 95 – 100 A 4,00 Lulus
2 90 – 94 A- 3,75 Lulus
3 85 – 89 B+ 3,50 Lulus
4 80 – 84 B 3,25 Lulus
5 75 – 79 B- 3,00 Lulus
6 70 – 74 C+ 2,75 Lulus
7 65 – 69 C 2,50 Lulus
8 60 – 64 C- 2,00 Lulus
9 < 60 Tidak Lulus 0,00 Tidak Lulus

Sumber : Buku Pedoman Akademik UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2017

Sedangkan penentuan hasil studi digambarkan dalam indeks prestasi yang terbagi ke dalam tiga bagian, yakni Indeks Prestasi Semester (IPS), Indeks Prestasi Kumulatif Sementara (IPKS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPS adalah hasil penghitungan jumlah nilai seluruh mata kuliah (jumlah nilai SKS dikali nilai bobot) pada suatu semester dibagi dengan jumlah SKS-nya. IPKS adalah perhitungan jumlah nilai mata kuliah yang sudah ditempuh dibagi jumlah SKS-nya. IPK adalah hasil penghitungan jumlah nilai seluruh mata kuliah dikalikan nilai bobot dan dibagi jumlah SKS.

Predikat kelulusan mahasiswa ditentukan apabila memperoleh IPK sekurang-kurangnya 2,00 yang digambarkan dalam tabel berikut:

Rentang IPK Predikat Kelulusan
3,71 – 4,00 Pujian
3,31 – 3,70 Amat Baik
3,00 – 3,30 Baik
2,00 – 2,99 Cukup

Sumber : Buku Pedoman Akademik UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2017

Predikat kelulusan “PUJIAN” hanya diberikan kepada mahasiswa Program Strata Satu (S1) yang memiliki IPK minimal 3.71 dan masa studinya tidak lebih dari 4 (empat) tahun serta tidak pernah melakukan perbaikan nilai dan tidak melanggar kode etik kemahasiswaan.

Dowload buku Kurikulum KKNI PGMI 2018 di sini: https://bit.ly/Kurikulum-KKNI-PGMI-2018