PGMI dalam Angka: Laporan Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa Online terhadap Kegiatan Pembelajaran Melalui Umpan Balik Mahasiswa Semester Genap 2021/2022

Dokumen Laporan

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan untuk menilai kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas. Evaluasi pembelajaran secara tidak langsung juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pada sebuah sistem yang baik, evaluasi dilakukan oleh semua pihak salah satunya adalah mahasiswa.

Mahasiswa bersentuhan langsung dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen. Sehingga, evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap dosen mengenai kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara umum adalah objektif dan dapat digunakan untuk menilai kegiatan perkuliahan oleh masing-masing dosen. Hasil evaluasi ini dapat digunakan oleh pimpinan untuk menilai kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen. Bagi dosen yang bersangkutan, evaluasi merupakan kritik reflektif yang sangat bermanfaat bagi pembelajaran selanjutnya.

Berdasarkan hasil analisis kuesioner Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, terdapat beberapa hal yang bisa kita temukan terutama mengenai fenomena atau pertanyaan yang menunjukkan kategori Tidak Baik atau  Sangat Tidak Baik. Beberapa komentar mahasiswa yang ditemukan dalam data yang terkumpul kemudian dibandingkan dengan data kuantitatif, diperoleh beberapa temuan yang dirasa masih perlu ditingkatkan, yaitu:

  1. Pembelajaran yang tidak menyenangkan (tegang, menakutkan)
  2. Pemberian kuliah pengganti
  3. Perhatian kepada mahasiswa saat mengajar
  4. Pembelajaran dilaksanakan secara online terus
  5. Pemberian tugas tidak sesuai dengan RPS dan Silabus

Dokumen laporan lengkap dapat dinduh pada tautan berikut:

https://drive.google.com/uc?export=download&id=1PuIo9rwhrhaybxg0u9ns78SPG3NBwiIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *