Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL) merupakan ajang konferensi internasional tahunan yang diselenggerakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Tahun 2024, AICIEL memasuki penyelenggaraan untuk yang ketiga kalinya setelah digelar pertama kali pada tahun 2019 (AICEL sempat vakum karena pandemi).
Pada tahun 2024 ini, AICIEL berlangsung pada tanggal 5 s.d. 6 Juni 2024 dengan tema “Building Inclusiveness and Welfare Through Islamic Education” dan berjalan dalam format hybrid, menggabungkan kehadiran fisik dan virtual. Empat pembicara dari empat negara diundang untuk berbagi pandangan dan pengalaman mereka mengenai inklusivitas dan kesejahteraan dalam pendidikan Islam (ftk.uinbanten.ac.id). Konferensi ini menjadi momen penting untuk mendiskusikan strategi dan program dalam meningkatkan inklusivitas dan kesejahteraan mahasiswa di lingkungan pendidikan Islam.

Selain sesi pleno, acara ini juga menyelenggarakan sesi paralel dan kompetisi makalah mahasiswa, yang melibatkan berbagai topik dari pendidikan karakter hingga pengembangan media pembelajaran interaktif. Konferensi yang berlangsung di Auditorium Utama Gedung Rektorat Lantai 3 ini juga diikuti secara daring oleh peserta dari berbagai wilayah. Melalui acara ini, diharapkan dapat terjalin kolaborasi dan pertukaran ide untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam secara global. Khusus untuk sesi paralel dan kompetisi makalah mahasiswa, panitia menyediakan hadiah khusus kepada para juara kompetisi. Kompetisi sendiri dibagi ke dalam beberapa kategori lomba, yaitu: Best Presenter, Innovative Paper, The Most Original Paper, Most Contributing Paper, Most Relevant Paper, Best Literature Review, dan Best Data Analysis.

Tidak mau tertinggal arus, sejumlah mahasiswa Jurusan PGMI mengikuti kompetisi tersebut dengan terlebih dahulu mempersiapkan artikel sesuai dengan template yang diberikan oleh panitia. Memperbaiki penulisan dan sebagian besar menerjemahkannya ke dalam Bahasa Inggris lalu mengirimkan artikel ke panitia. Panitia lalu melakukan seleksi terhadap artikel yang masuk dan memutuskan artikel yang lolos untuk dipresentasikan. Berikut adalah daftar nama mahasiswa (perwakilan, penulis pertama) Jurusan PGMI yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi tersebut dan lolos seleksi untuk mempresentasikannya:
No | Nama Mahasiswa (Penulis Pertama) | Judul Artikel | Dosen Pembimbing |
1 | Amallia Kusumaningrum | The Influence of Mental Health on Elementary School Students’ Learning Motivation | Oman Farhurohman, M.Pd |
2 | Nadiyatul Husnawati | Utilization of Visual Media Multiplication Smart Board on Mathematics Learning in Elementary School | Oman Farhurohman, M.Pd |
3 | Puty Linduang Bulan | The Ethnomathematical Potential of the Great Mosque of Banten as a Mathematics Learning Resource In Elementary Schools | Wida Rachmiati, M.Pd |
4 | Varisa Alifiani Eka Fikri | Pengembangan Media Aquascape Mini untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD | Dr. Hj. Fitri Hilmiyati, M.Ed, Dr. H. Juhji, M.Pd |
5 | Ghina Adzkiyatul Hasna | Discovery Learning Model in Improving Critical Thinking in Elementary School Students: a Meta-Analysis | Dr. H. Juhji, M.Pd |
6 | Aprilia Isa Fauzi | Evaluasi Pembelajaran pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu | Dr. H. Juhji, M.Pd |
7 | Nada Mufidah Pribadi | The Effects of Online Gaming on Student Achievement: a Meta- Analytical Review | Dr. H. Juhji, M.Pd |
Setiap mahasiswa diberikan waktu untuk mempresentasikan di hadapan panelis baik secara luring (on-site) maupun daring (online).

Setelah sekian lama menanti, akhirnya kabar gembira itu datang. Dari ketujuh kategori lomba, alhamdulillah mahasiswa PGMI berhasil mendapatkan juara untuk empat kategori lomba dengan peserta yang berbeda-beda. Berikut adalah prestasi mereka pada kompetisi yang diselenggarakan oleh AICIEL 2024.
No | Juara | Kategori Lomba | Nama Mahasiswa | Judul Artikel |
1 | Ketiga | The Most Original Paper | Amallia Kusumaningrum dan Muplihatun Nupus | The Influence of Mental Health on Elementary School Students’ Learning Motivation |
2 | Ketiga | Most Contributive Paper | Nadiyatul Husnawati dan Saimah | Utilization of Visual Media Multiplication Smart Board on Mathematics Learning in Elementary School |
3 | Kedua | Most Relevance Paper | Nada Mufidah Pribadi, Mia Febrita Handayani, dan Fitri Dwi Ratna | The Effects of Online Gaming on Student Achievement: a Meta- Analytical Review |
4 | Pertama | Best Literature | Ghina Adzkiyatul Hasna dan Maulidiyah Wirdaini | Discovery Learning Model in Improving Critical Thinking in Elementary School Students: a Meta-Analysis |
Keputusan Pemenang dibukukan secara formal melalui Keputusan Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Nomor 1180 Tahun 2024. Keputusan tersebut dapat diunduh pada tautan berikut:
https://drive.google.com/uc?export=download&id=1s4zbdMWLmUM7I72LomFJwsJyzATkLx0v
Tentunya, kami mengucapkan banyak terima kasih terutama kepada seluruh mahasiswa yang telah bekerja keras mengikuti acara ini. Serta tak lupa, kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para dosen pembimbing yang telah mengarahkan mahasiswa dalam menulis artikel yang baik, yakni Bapak Oman Farhurohman, M.Pd, Ibu Wida Rachmiati, M.Pd, Dr. Hj. Fitri Hilmiyati, M.Ed, dan Bapak Dr. H. Juhji, M.Pd. Semoga kita tetap produktif.