Laporan Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa

Berita Dokumen Laporan

Latar Belakang
Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan untuk menilai kualitas pelaksanaan pembelajaran di kelas. Evaluasi pembelajaran secara tidak langsung juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pada sebuah sistem yang baik, evaluasi dilakukan oleh semua pihak salah satunya adalah mahasiswa.

Mahasiswa bersentuhan langsung dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen. Sehingga, evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap dosen mengenai kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara umum adalah objektif dan dapat digunakan untuk menilai kegiatan perkuliahan oleh masing-masing dosen. Hasil evaluasi ini dapat digunakan oleh pimpinan untuk menilai kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen. Bagi dosen yang bersangkutan, evaluasi merupakan kritik reflektif yang sangat bermanfaat bagi pembelajaran selanjutnya.

Evaluasi terhadap kinerja dosen merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. Salah satu cara untuk melakukan evaluasi tersebut adalah melalui instrumen yang dirancang untuk mengukur berbagai aspek pelayanan dan pengajaran dosen. Dalam survei ini, kami mengembangkan instrumen evaluasi yang terdiri dari 20 pertanyaan menggunakan skala Likert 1 sampai 5. Instrumen ini bertujuan untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa mengenai kinerja dosen dalam proses pembelajaran. Agar hasil evaluasi menggambarkan kondisi yang sebenarnya, maka diperlukan pengujian validitas dan reliabliatas instrumen yang digunakan dalam survei.

Tujuan
Tujuan dari laporan ini adalah untuk:

  • Menyajikan hasil analisis yang dapat digunakan untuk perbaikan kualitas pengajaran dosen di Program Studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
  • Menguji validitas instrumen evaluasi dosen oleh mahasiswa.
  • Menguji reliabilitas instrumen tersebut.

Metode
Metode yang digunakan dalam laporan ini adalah sebagai berikut:

  • Pengumpulan Data: Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi 20 pertanyaan dengan skala Likert 1 s.d 5
  • Populasi dan Sampel: Populasi dan sampel yang terlibat dalam pengujian ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang mengikuti perkuliahan pada semester yang sama sebanyak 222 mahasiswa
  • Analisis Data: Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan bantuan Apliaksi SPSS Versi 17. Instrumen dinyatakan Valid apabila tiap item pertanyaan memiliki nilai Cronbach’s Alpha if Item Deleted lebih kecil dari nilai Cronbach’s Alpha. Reliabilitas dari setiap kategori pertanyaan dihitung dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha dengan tingkat signifikansi 5%. Instrumen dinyatakan Reliable apabila nilai Cronbach’s Alpha > 0,8.

Hasil
Hasil analisis menunjukan bahwa:

  1. Setiap butir pertanyaan dinyatakan valid.
  2. Instrument dinyatakan reliable (Handal) dengan nilai Cornbach’s Alpha 0,986 (Reliabilitas Sangat Tinggi).

Dengan demikian kuesioner ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kepuasaan mahasiswa terhadap layanan akademik melalui evualsi kinerja mengajar dosen di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Dokumen laporan lengkap dapat diunduh pada tautan berikut: https://drive.google.com/file/d/1CJ6j72OuHpE7RC3TQiCGdn-caHxvTofn/view?usp=sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *