Pada tahun ini Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten menerima mahasiswa melalui 3 (tiga) jalur, yaitu: 1) SPAN PTKIN yang diumumkan hasilnya pada hari Jum’at, 10 April 2020; 2) UM PTKIN yang diumumkan hasilnya pada hari Senin, 24 Agustus 2020; dan 3) PCMB Mandiri yang diumumkan hasilnya pada hari Kamis, 17 September 2020 lalu.
Dari ketiga jalur ujian/seleksi masuk tersebut, Program Studi PGMI tercatat diminati oleh sebanyak 1.172 calon mahasiswa yang telah memperebutkan kuota 110 kursi atau dengan tingkat keketatan sebesar 1:10 yang berarti satu kursi diperebutkan oleh hampir 10 orang. Sebarannya sebagai berikut.
No | Jalur Masuk | Pendaftar | Lulus/Diterima | Registrasi |
1 | SPAN PTKIN | 540 | 32 | 16 |
2 | UM PTKIN | 372 | 57 | 44 |
3 | PCMB Mandiri | 260 | 55 | 46 |
JUMLAH | 1.172 | 144 | 106 |
Dari sejumlah pendaftar tersebut, secara detail dapat ketahui bahwa sebanyak 90 atau 7,68% pendaftar berjenis kelamin laki-laki dan sisanya 1.082 atau 92,32% adalah perempuan. Mereka berasal dari 6 (enam) provinsi yang berbeda, yakni: Banten (83,70%), DKI Jakarta (7,51%), Jawa Barat (5,46%), Jawa Tengah (1,37%), Jawa Timur (1,02%) dan Sumatera Selatan (0,94%). Berbeda dengan statistik penerimaan mahasiswa baru tahun sebelumnya, pada tahun ini pendaftar ke Program Studi PGMI mulai menyebar ke pulau Sumatera.
Selanjutnya, diperlukan upaya untuk memperluas target calon mahasiswa seperti dengan menerapkan strategi marketing mix (pemasaran campuran) yang memanfaatkan beragam saluran informasi dan pemasaran sehingga ‘produk’ yang dipasarkan dapat dikenali oleh berbagai kalangan dari berbagai tempat. Selain itu, di tengah pesatnya perkembangan teknologi di mana internet menjadi salah satu daya tarik usia remaja yang notabene adalah calon mahasiswa potensial sementara mereka sangat aktif berselencar di dunia maya dan media sosial, maka penggunaan media sosial saat ini dinilai cukup efektif sebagai sarana untuk memperluas cakupan ‘calon pembeli/konsumen’ dan promosi ‘produk’.