PGMI dalam Angka: Laporan Survei Kepuasan Mahasiswa terhadap Sarana dan Prasarana Pembelajaran

Dokumen Laporan

Sarana dan prasarana merupakan komponen vital dalam mendukung proses pendidikan di perguruan tinggi, termasuk pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Ketersediaan dan kualitas fasilitas ini tidak hanya mempengaruhi kenyamanan civitas akademika, tetapi juga secara langsung berdampak pada efektivitas pembelajaran, penelitian, dan kegiatan akademik lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan pendidikan yang semakin tinggi, peningkatan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran menjadi sebuah keharusan. Untuk memastikan bahwa fasilitas yang disediakan memenuhi kebutuhan dan harapan semua pihak, survei kepuasan civitas akademika terhadap sarana dan prasarana pembelajaran menjadi langkah penting yang perlu dilakukan. Survei ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang objektif tentang tingkat kepuasan mahasiswa, dosen, dan staf terhadap fasilitas yang ada, serta mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Penyebaran dan pengisian survei dilakukan selama bulan Juni 2024 dan melibatkan 238 mahasiswa Program Studi PGMI sebagai responden. Hasil survei ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengelolaan dan pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran di Program Studi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Hasil survei sebabagai berikut:

NoPertanyaanSkor Rata-rata
1.Kecukupan Jumlah Sarana pembelajaran secara umum (misalnya: koleksi bahan pustaka, LCD,White board, alat-alat dll)3.82
2.Jumlah Prasarana untuk pembelajaran yang tersedia (kelas, lab microteaching, perpustakaan, Lab Multimedia, Lab Komputer, aula, lapangan parkir, dll)3.73
3.Aksesibilitas (kemudahan untuk memanfaatkan) sarana pembelajaran secara umum (misalnya: koleksi bahan pustaka, LCD, White board, alat- alat Lab,dll)3.70
4.Aksesibilitas (kemudahan untuk memanfaatkan) sarana teknologi informasi dan komunikasi3.68
5.Aksesibilitas (kemudahan untuk memanfaatkan) prasarana untuk pembelajaran (misal: perpustakaan, ruang kelas, ruang Lab, ruang ibadah, dsb)3.66
6.Kualitas sarana prasarana3.64
7.Kualitas Sarana Informasi Mahasiswa (SIM)3.61
8.Kemudahan akses Wifi di kelas dan lingkungan fakultas3.41

Dari survei yang telah dilaksanakan, berikut adalah saran yang dapat diberikan:

  1. Tingkatkan jumlah dan kualitas sarana prasarana pembelajaran, termasuk perpustakaan dan laboratorium.
  2. Perbaiki infrastruktur teknologi informasi, khususnya akses Wifi dan perangkat komputer.
  3. Tingkatkan fungsionalitas dan keandalan Sistem Informasi Mahasiswa (SIM).
  4. Adakan pelatihan penggunaan fasilitas kampus untuk civitas akademika.
  5. Perbaiki pengelolaan akses ke prasarana, seperti ruang kelas dan laboratorium.
  6. Lakukan survei kepuasan secara berkala dan tanggapi masukan dari civitas akademika.

Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas demi mendukung keberhasilan akademik dan kenyamanan seluruh civitas akademika. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam survei ini. Masukan dan kritik yang konstruktif selalu kami nantikan untuk kemajuan bersama. Laporan Hasil Survei lengkap dapat diunduh di sini https://drive.google.com/uc?export=download&id=1U0BIIz0e8hyK2V0hIsXX0mtlDchHQ2mX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *