Kuliah Pakar : “Inovasi Bisnis dan Peluang Bisnis bagi Mahasiswa di Era Digital”

Berita Kemahasiswaan

Menjadi entrepreneur merupakan salah satu profil lulusan program studi PGMI sebagaimana tertuang dalam dokumen Kurikulum 2021 yang saat ini berlaku. Untuk mencapai profil tersebut, sejumlah mata kuliah diberikan kepada mahasiswa. Dan untuk memperkaya pengalaman praktis, maka pada perkuliahan tersebut digelar kuliah pakar yang menghadirkan sejumlah praktisi bisnis yang inspiratif. Salah satu kegiatannya adalah apa yang sudah dilakukan oleh Mahasiswa PGMI Semester VI yang menghadirkan dua narasumber ahli pada perkuliahan Inovasi Bisnis Pendidikan.

Narasumber berfoto sebelum acara

Seminar Program Studi PGMI Sesi #1 tahun ini berupa kuliah pakar yang mengangkat tema Inovasi Bisnis di Era Digital dan Peluang Bisnis bagi Mahasiswa di Era Digital. Telah sukses terlaksana pada tanggal 25 April 2024 yang bertempat di Auditorium Gedung B Lantai 3. Tema ini diangkat dilatarbelakangi oleh banyaknya remaja yang ingin memulai bisnis namun masih belum paham inovasi bisnis. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman tentang inovasi bisnis di era digital, sehingga nantinya diharapkan setiap individu khususnya mahasiswa mampu memahami dan menemukan serta menerapkan inovasi bisnis dalam memulai usaha.

Acara diawali dengan sambutan oleh Sekretaris Program Studi PGMI, Ibu Fithri Meiliawati, M.Sn dan dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Ibu Hj. Eneng Muslihah, Ph.D. Dalam kata pembukaannya, Ibu Eneng menyampaikan inovasi dewasa menjadi kata kunci yang sangat berpengaruh dalam bidang pendidikan. Selalu berinovasi merupakan perubahan yang selalu bertumbuh sesuai dengan tuntutan jaman. “Inovasi melalui trasformasi kreatif untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas (pencapaian target)”, demikian pungkasnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari dua narasumber, yakni Bapak Nur Agis Aulia, S.Sos dan Bapak Ilham Mustofa, M.IP.

Pemateri Pertama, Bapak Nur Agis Aulia
Pemateri Kedua, Bapak Ilham Mustofa

Poin penting yang disampaikan oleh Bapak Nur Agis Aulia dengan tema peran generasi milenial dalam memajukan UMKM, mengemukakan bahwa terdapat hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis (di era ini). Bisnis harus kuat untuk merasakan jatuh bangunnya dalam melakukan bisnis, setidaknya selama 5 (lima) tahun. Cari potensi kita harus peka terhadap potensi yang kita miliki dan kita juga harus melihat peluang yang kemungkinan bisa untuk kita dapatkan. Selain itu, kita juga harus tahu model bisnis seperti apa yang ingin kita lakukan baik itu fashion, makanan, minuman dan lain sebagainya. Setelah kita siap maka kita melakukan praktik. Setelah praktik sudah dilakukan kita harus percaya dan yakin dengan usaha yang kita lakukan akan suskes dan berhasil setelah percaya maka kita harus melakukan inovasi bisnis yang kita lakukan. Mentor sangat berpengaruh dalam membangun bisnis kita.

Foto bersama pemateri dan peserta di akhir acara

Kegiatan ini sepenuhnya dikelola oleh Mahasiswa Semester VI yang mengambil mata kuliah Inovasi Bisnis Pendidikan sebagai salah satu tuntutan kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa pada mata kuliah ini. Bagaimana, tertarik untuk belajar dan praktik Inovasi Bisnis Pendidikan? Yuk gabung bersama kami di Jurusan PGMI UIN Banten. Info lengkap mengenai pendaftaran, silakan lihat artikel berikut: https://pgmi.uinbanten.ac.id/lima-jalur-masuk-ke-uin-banten-yang-perlu-kamu-ketahui/

Kontributor & Foto: Nadira, Editor: Onny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *