Transfer Pengetahuan dan Pengalaman: Gugus Kendali Mutu PGMI UIN SMH Banten Kunjungi Gugus Kendali Mutu PGMI UIN Raden Intan Lampung

Berita Praktik Baik

Lampung, 19 Juli 2024 – Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, yang diwakili oleh Bapak Dr. H. Juhji, M.Pd dan H. Mansur, M.Pd, mengunjungi Gugus Kendali Mutu Program Studi PGMI UIN Raden Intan Lampung. Kunjungan ini disambut oleh Bapak Hasan Sastra Negara, M.Pd (Pengelola Gugus Mutu Prodi PGMI), Ibu Farida, S.Kom, M.Si (Ketua Gugus Penjaminan Mutu Fakultas), dan Bapak M. Indra Saputra, M.Pd.I (Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu Fakultas).

GKM Prodi PGMI UIN Banten bertemu GKM Prodi & Fakultas UIN RIL

Dalam pengantarnya, Bapak Juhji menyampaikan bahwa tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk mempelajari pengelolaan gugus mutu Program Studi PGMI UIN Raden Intan Lampung, terutama terkait dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan pengelolaan mutu Program Studi PGMI di kampus tersebut. “Kami ingin belajar banyak tentang pengelolaan gugus mutu prodi PGMI UIN Raden Intan Lampung, mulai dari Sistem SPMI dan Pengelolaan Mutu Prodi PGMI di sini,” ujarnya.

Namun, harapan tersebut belum bisa sepenuhnya terpenuhi karena pengelola Gugus Mutu Program Studi PGMI UIN Raden Intan Lampung baru dibentuk pada bulan Mei lalu. “Pengelola Gugus Mutu Prodi UIN Raden Intan Lampung baru 2 bulan lalu dibentuk, jadi kami belum bisa menyampaikan hal-hal yang dibutuhkan oleh Gugus Kendali Mutu Program Studi di UIN SMH Banten,” jelas Pak Hasan. “Oleh karena itu, mungkin bisa mengunjungi Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung,” lanjutnya.

Pertemuan di Ruang Program Studi PGMI UIN RIL

Menurut Bapak M. Indra Saputra, manajemen dokumen mutu di UIN Raden Intan Lampung telah berkembang dari manual hingga ke database online. “Manajemen dokumen mutu telah dibangun mulai dari manual, berlanjut ke database, sampai akhirnya seluruh pendataan dokumen mutu disimpan di database secara online dan dapat dilihat melalui link https://lpm.radenintan.ac.id/gpmf-tarbiyah-dan-keguruan/. Dalam link tersebut tertera Laporan Monev serta Pedoman dan SOP,” jelas Indra.

“Untuk menunjang kinerja gugus mutu, baik di program studi maupun di fakultas, kami diberikan remunerasi yang besarannya setara dengan remunerasi Sekretaris Program Studi”, tambah Farida. Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih erat antara kedua institusi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengelolaan Program Studi PGMI di masing-masing universitas.

Foto bersama tim GKM

Laporan hasil kunjungan dapat diunduh melalui: https://drive.google.com/file/d/1eSKaqgj_vCrBjvxIcR-dBycQ8WPr6YhE/view?usp=sharing

Kontributor: Juhji; Editor: Onny; Foto: Juhji (dokumentasi pribadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *